Untuk mempercepat pembuatan model rumah, saya akan menyediakan enam buah komponen yang bersifat dinamis (dynamic component) untuk anda download dari Google 3d Warehouse. Komponen ini memiliki opsi- opsi tertentu yang dapat dimodifikasi sehingga anda hanya membutuhkan satu komponen ini saja untuk selama modeling rumah (misalnya untuk semua jendela rumah Anda, walaupun masing-masing mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda).
Ada tiga komponen Quickies yang digunakan selama Proyek Satu: Komponen Segi Empat (Quick-Rectangle), sebuah Pintu (Quick-Door) dan Jendela (Quick-Window). Tiga Quickies lagi akan tersedia sebelum kita mulai Proyek Dua: Pintu Geser (satu/dua daun pintu), Tangga lurus/Letter-U- dan Tangga Spiral.
Saya akan membahas dimana dan bagaimana untuk men-download tiga Quickies ini di bagian akhir posting ini. Untuk saat ini, saya percaya enam komponen akan menutupi kebutuhan kita akan cepat dan akurat modeling.
Tips and Trick |
Dynamic Component Tidak seperti komponen biasa, Dinamic Component (DC) dapat menerima masukan dari pengguna untuk mengubah pilihan/setting dalam rangka mengendalikan elemen-elemen dari komponen tersebut. Sebuah Dynamic Component biasanya juga memiliki beberapa logika tertentu mengenai perilaku komponen ketika diklik dan / atau diubah ukurannya. |
Saya membuat semua komponen ini untuk membantu menemukan dimensi yang tepat dari kebutuhan jendela/pintu. Jika kita bisa melakukannya ini dengan sesederhana mungkin, kita akan dapat lebih berkonsentrasi pada proses modeling lain. Misalnya, anda mungkin ingin merubah ukuran dimensi jendela secara keseluruhan agar sesuai untuk dinding yang sudah ada. Persis seperti dalam alam nyata, perubahan ukuran jendela tidak boleh menbambah ukuran kusen kecuali yang berkaitan dengan panjang untuk mengakomodasi ukuran jendela yang baru. Untuk alasan tersebut, komponen pintu dan jendela terinci sampai kedalaman skoneng tetapi tidak ada ornamen seperti bevel/profil.
Satuan Ukuran
Secara default, satuan yang dipakai adalah Centimeter. Anda dapat memasukan angka desimal sebanyak yang diperlukan. Anda juga bisa memasukan unit lain selain cm sepanjang entry ukuran tersebut dilengkapi dengan satuan terkait, misalnya 50" atau 39.15m. Setiap saat ukuran-ukuran ini dapat dirubah sehingga kita dapat mencari ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.
Animasi
Komponen-komponen pintu dan jendela memiliki kemampuan animasi berupa buka/tutup agar analisa disain lebih akurat. Selain itu, tampilan model juga menjadi lebih keren.
Scaling/perubahan ukuran keseluruhan
Tips and Trick |
Perubahan Arah Bukaan Pintu Komponen pintu satu daun akan memiliki bukaan kanan. Untuk membuat bukaan kiri, anda dapat membalik komponen ini dengan mengaktifkan Context Menu (Right Mouse Klik) dan pilih Flip Along - Component's Red. atau Anda dapat menggunakan Scale tool dengan menggeser salah satu sisi melewati sisi yang lain. Pendekatan pertama sebaiknya jika dimensi pintu sudah di entry. |
Masing-masing komponen memiliki pengaturan lebar dan panjang ukuran secara akurat. Selain itu, ukuran ini komponen juga dapat diubah dengan menggunakan Scaletool. Perubahan pada komponen menggunakan perangkat ini akan mengubah panjang dan lebar keseluruhan dari komponen, tetapi tidak akan berdampak pada dimensi lain yang tidak terkait langsung dengan ukuran keseluruhan.
Quick Rectangles (1)
Komponen sederhana yang utamanya dipakai untuk membuat denah rumah kasar secara cepat dan akurat. Berdasarkan denah kasar ini, dinding-dinding kamar dibuat.
Pada saat pembuatan dinding, komponen ini akan diurai (explode) menjadi garis dan bidang yang menyatu dan akan hilang dengan sendirinya dari model.
Bilamana terdapat dinding yang tidak sepenuhnya berbentuk segi empat, maka bentuk itu bisa dipecah menjadi beberapa segi empat. Nanti sebelum pembuatan dinding, bentuk denah kita perbaiki dan garis yang tidak perlu bisa dihapus.
Isi Lebar dan Panjang komponen ini sesuai dengan ukuran kamar yang akan dibuat. Perubahan panjang atau lebar komponen ini dapat dilakukan juga dengan memakai Tool Scale.
Sembilan buah Quicky-Rectangles yang dirangkai menjadi sebuah denah. Dimensi masing-masing kamar ditambahkan ke gambar untuk memperjelas gambar.
Quick-Door (2)
Komponen ini akan dapat secara akurat membuat model pintu engsel (hinged) - dengan satu atau dua daun, termasuk animasi buka tutup.
Perubahan ke tinggi (a) atau lebar(b) komponen ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan Scale Tool. Sementara pengaturan lainnya, seperti lebar kusen (h), ketebalannya (c) dan Skoneng (g) harus ditetapkan melalui window Component Options. Demikian juga dengan ukuran ketebalan daun pintu (e) dan lebar daun pintu kedua (f).
Seperti yang anda lihat, lebar daun pintu pertama tidak dapat diedit karena akan secara otomatis dihitung berdasarkan dimensi keseluruhan, beberapa pengaturan lain. Jadi jika anda ingin memiliki kedua daun memiliki lebar yang sama, Anda perlu menemukan lebar bersih ketika tidak ada daun kedua. Kemudian membagi angka ini dengan dua dan masukkan hasil sebagai lebar net pintu kedua.
Tanpa alasan yang jelas, saya menetapkan sudut maksimal pembukaan pintu kedua - ketika di animasi buka tutup - setengah dari nilai bukaan maksimal pintu pertama.
Contoh Implementasi Quicky-Door |
Quick-Window (3)
Saya mencoba untuk membuat komponen ini sebagai "one for all dynamic component" yaitu dapat digabungkan berkumpul untuk membuat berbagai bentuk desain jendela.
Hal ini mungkin tidak sepenuhnya tercapai, tapi komponen ini masih cukup fleksibel untuk dirangkai menjadi seperangkat jendela yang berbeda-beda seperti yang diilustrasikan pada contoh dibawah.
Pilihan yang tersedia dari komponen ini hampir mirip dengan Quick-pintu.Salah satu perbedaan penting adalah bahwa dalam Quick jendela kita bisa menyembunyikan satu sisi kusen sehingga hanya akan ada tiga sisi dari kusen. Side A adalah sisi dimana terdapat engsel. Side B, C dan D adalah sisi lainnya sesuai dengan arah jarum jam. Kita perlu menyembunyikan salah satu sisi kusen jika kita ingin menempelkan komponen jendela ini jendela atau pintu lain komponen. Jadi komponen gabungan akan terlihat seperti sebuah komponen. Kita dapat memutar setiap Quick-Jendela sehingga bisa memiliki bukaan samping atau bawah..
Contoh Pemakaian Quicky-Window |
Mendownload dan Menyimpan Quicky Component.
Ketiga Quicky komponen ini sudah saya upload ke Google 3d Warehouse. Klik pada Gambar disamping atau pada link ini. Untuk membuka halaman di Google warehouse tersebut.
Ambil file "QuickiesPart1.skp" tersebut dan simpan pada lokasi sementara di komputer anda.
Tip & Trick |
Menyimpan komponen yang diambil langsung dari Warehouse ke local folder Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penuyimpanan dilakukan melalui Window Component. Klik tombol In Model untuk menampilkan komponen yang sudah ada di dalam model dan RightClick komponen yang akan simpan. Pilih 'save as' dan simpan di local folder. |
Pada saat ini, ketiga komponen tersebut masih tersimpan dalam satu file. Kita perlu memisahkan masing-masing komponen dan menyimpannya pada subfodler yang sebelumnya sudah kita persiapkan. (\Quicky). Buka file "QuickiesPart1.skp" dan lakukan langkah seperti yang ada dalam Tip & Trick disamping.
0 comments:
Posting Komentar