Anda dapat membuat desain interior dengan setting seperti dibawah ini. gambar diatas adalah hasil dari setting tersebut.
1. Global Switch
> Lighting options
· Checklist hidden lights ( agar mempengaruhi pencahayaan walau lampunya kita sembunyikan )
2. Image sampler
· Type adjective DMC
· Max. subdivs = 4
· Anti aliasing à area = 1
3. System
> Settings ray caster
· Max. depth = 80
· Dynamic memory limitnya dapat kita ubah menjadi 2000, agar lebih cepat dalam merender, tetapi butuh spec komputer yang tinggi. Apabila spec komputernya tidak tinggi, kita bisa gunakan limitnya menjadi 500 atau kebawah.
> Settings Regions Generator
· Width = 64
· Height = 64
· Oder = left – right
4. Displacement
> Gunakan setting default
5. Environment
> GI color à klik M à text sky à … à sunlight ( pada BG colour settingnya juga sama )
> General
· Checklist invisible ( agar bulatan matahari tidak terlihat )
· Ozone = 1 ( semakin besar nilai ozone maka langitnya akan berwarna kebiruan, semakin keci nilai ozone maka langitnya akan berwarna kekuningan )
· Intensity = 0.25 ( agar tidak terlalu terang )
· Size = 2 ( size matahari mempengaruhi besar bayangan, semakin kecil bayangan akan semakin tajam )
> Shadows
· Checklist on
· Subdivs = 20 ( semakin besar nilai subdivs, maka bayangan akan semakin halus )
6. Camera
> Camera physical
Setting yang akan kita gunakan adalah setting interior atau dalam ruangan, sehingga mempunyai efek yang cenderung gelap. Karenanya, kita akan membuat setting yang terang.
· Shutter speed = 50
· Film speed ( ISO ) = 400
· F Number = 4 [ catatan : kalau ruangannya terlalu terang, coba naikkan F Numbernya menjadi 6 ]
· Uncheck vignetting ( vignetting yang membuat gelap pada ujung ruangan. Kita uncheck vignetting agar bagian yang gelap bisa hilang )
7. Output
· Check override output, kemuadian pilih size ukuran gambar yang akan menjadi hasil render. ( terkadang proporsinya viewnya berubah )
Rekomendasi : gunakan “get view aspect” agar hasil render sesuai dengan screen pada monitor.
8. Indirect illumination
> GI
· Checklist on
> Ambient occlusion ( yang membuat pertemuan bayangan menjadi tajam )
· Checklist on
· Radius = 5
· Subdivs = 15
> Primary engine
· Primary multiplier = 1
> Secondary engine
· Secondary multiplier = 0.8
9. Irradiance map
> Basic parameters
· Min. rate = -4
· Max. rate = -3
· Colour threshold = 0.4
10. Light cache
> Calculations parameter
· Subdivs = 700
11. DMC sampler
> Path sampler = legalicy
12. Colour mapping
· Type = exponentials
· Bright multiplier = 1
· Checklist clamp output
Anda bisa mendownload skp file dalam bentuk rar pada link link dibawah ini :
download living room model
Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun.
Link Source:
www.enggar3design.blogspot.com
0 comments:
Posting Komentar