tutorial Setting Vray Eksterior SketchUp




      

Pada sebelumnya, sudah saya bagikan post tentang Setting Vray SketchUp Interior. Kali ini kita akan membuat setting vray untuk bangunan eksterior, yang tentunya akan lebih kompleks lagi dari setting sebelumnya. Pada setting kali ini, saya menggunakan file HDRI sebagai environment. Apa itu HDRI? Untuk lebih jelasnya tentang pengertian HDRI, kalian semua bisa baca artikel tentang HDRI di sini. Kalau anda sudah paham dari pengertian HDRI, langsung saja kita lanjut ke topik pembahasan ini. Sebelumnya, saya menganggap anda sudah paham dalam mengedit material dan siap untuk membuat setting render final. Oke, untuk mempersingkat waktu silahkan anda membuka file sketchup anda, dan masuk kedalam setting vray. Kemudian anda aplikasikan setting tutorial ini kedalam sketchup anda.

1.       Global switches
 

Pada opsi ini, centang hidden light dan default lights pada tab lighting. Ini bertujuan agar lampu yang anda hidden dan cahaya default dapat ter-render. Karena saya akan menggunakan file HDRI pada environment, maka kita perlu mengaktifkan default lights nya.

2.       System

3.       Camera


Untuk diperhatikan lagi pada bagian zoom factor, bahwa pada bagian ini juga mempengaruhi view selain dari output. Bagi yang menggunakan laptop, layar cenderung lebar / persegi panjang. Maka dari itu, zoom factor perlu diperbesar menjadi 1,5. Tetapi kalau viewnya sudah cocok pada zoom factor 1,0  tidak perlu ditambah juga tidak apa-apa.

4.       Environtment

Perlu diingat, limit yang saya gunakan belum tentu sesuai dengan hasil anda. Tetapi anda bisa masukan limit tersebut sebagai patokan. Apabila kurang sesuai, anda bisa menaikkan atau menurunkan limitnya. Memang pada bagian ini cukup sulit untuk mendapatkan hasil yang benar-benar pas. Jadi, anda perlu beberapa kali mencoba merender untuk mencocokan hasil yang tepat. Tips dari saya,untuk “render beta alias percobaan”, pada output size ubah terlebih dahulu menjadi ukuran 640x480. Hal ini dimaksudkan agar mempersingkat waktu render dan melihat hasil koreksi, apalagi kalau spec komputer anda pas-pasan hehehe... :D
Ah sudahlah, gak perlu saya jelasin lebih detail. Nanti anda juga paham sendiri. Langsung aja kita masuk ke bagian texture editor.

A.      GI Colour

Pada UVW Type, ubah ke UVWGenEnvironment, lalu gunakan TexBitmap. Pada BitmapBuffer, open file HDRI anda yang untuk tekstur GI. Kemudian pada UVWGenEnvironment, rotationnya perlu anda coba-coba untuk mendapatkan hasil yang pas. Inilah yang saya katakan agak sulit dari setting environment. Tetapi, saya sudah menemukan rotation yang pas untuk file HDRI saya, yaitu saya gunakan 225 derajat. 

B.      BG Colour.


Pada opsi ini menggunakan settingan yang sama seperti pada GI Colour. Hanya saja, file yang digunakan adalah yang untuk HDR. Bukan GI. Perbedaanya bisa anda lihat sendiri pada tab preview. Tips dari saya,gunakan settingan yang sama seperti ini pada tekstur kaca atau jendela yang bersifat memantul pada material editor.

C.      Reflect Colour

Gunakan TexSky pada reflect colour, dan ubah Sky model menjadi CIE Clear. Ingat, Setelah opsi ini selasai, uncheck / matikan pada bagian reflect colournya.

5.       Image sampler

6.       DMC sampler

7.       Colour mapping


Untuk colour mapping saya menggunakan settingan default. Kalau ada masukan tentang colour mapping, diharapkan untuk me-reply blog ini.

8.       VFB Channels

Untuk VFB channels saya juga menggunakan settingan default. Kalau ada masukan tentang VFB channels, diharapkan untuk me-reply blog ini.

9.       Output

Untuk output size, saya menggunakan yang 800x600. Tetapi bisa anda ubah sesuai keinginan. Yang jelas, semakin besar output size maka semakin lama dalam proses rendernya. Tetapi akan semakin bagus pula kualitas gambarnya. Bila ingin sesuai dengan layar monitor anda, bisa gunakan Get View Aspec.

10.   Indirect Illumination

11.   Irradiance Map

12.   Light Cache

13.   Cautics

14.   Displacement

Untuk displacement saya juga menggunakan settingan default. Kalau ada masukan tentang displacement, diharapkan untuk me-reply blog ini.

                Settingan selesai, anda bisa merender scene yang anda buat. Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun. Dan terima kasih telah berkunjung ke www.tutorgraphic.blogspot.com

Link Source:
http://enggar3design.blogspot.com/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar