Pengertian HDRI dan LDRI

  Sebelum kita mengenal jauh tentang 3D eksterior rendering, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu HDRI dan LDRI. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal HDRI dan LDRI. Oke, kali ini saya akan membahas apa itu HDRI. Karena HDRI adalah format gambar yang bisa menyimpan beda kontras dan brightness yang lebih banyak daripada LDRI. 
Yups... HDRI adalah kependekan dari High Dynamic Range Imagingatau bisa disebut sebagai HDR saja.sedangkan LDRI, adalah kependekan dari Low Dynamic Range Imagingatau bisa disebut sebagai LDR saja bukan Long Distance Relationship.
HDRI umumnya berbentuk  spherical ( bola ) atau hemispherical (setengah bola ). Gambar HDRI itu sendiri diambil dengan teknik memutar kamera secara 360 derajat atau 180 derajat dengan tripod khusus, lalu disatukan dengan perangkat lunak komputer.



Karena informasi pencahayaannya cukup banyak, fotmat ini cocok untuk dipakai sebagai setting environment map sebagai pengganti dari GI dan BG. Berikut contoh beberapa file ekstensi HDR dan LDR.
HDRI      : HDR, EXR, TIFF
LDRI       : JPG, PNG

Lalu bagaimana sih bentuk gambar HDRI yang teknik pengambilannya diputar secara 360 derajat??
Oke, saya akan memberikan contoh gambar HDRI tetapi dalam bentuk jpg ( non HDRI ), karena ya jelas... file HDR itu tentunya besar dan memiliki resolusi yang tinggi diatas 2000 pixel. Kalau dibawah 2000 pixel, pasti dia akan pecah gambar


        Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun. 

Link Source:
www.enggar3design.blogspot.com

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar